Berita

Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)

Rabu(09/05), bertempat di Hotel Segoro Pemalang diadakan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Acara ini berlangsung selama 3 hari yaitu mulai tanggal 7-9 Mei 2018. Acara ini setiap harinya dimulai pukul 08.00 WIB  sd 17.30 WIB. Acara pelatihan Siskeudes ini dihadiri oleh para peserta pelatihan dari desa Se Kecamatan Taman. Masing-masing desa mengirimkan 3 perwakilannya terdiri dari unsur : Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Kaur Perencanaan dan atau calon operator Siskeudes.Acara pelatihan Siskeudes ini didampingi oleh Seluruh Tenaga Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang ada di Kecamatan Taman.

Acara ini dibuka oleh Sutoro,SH selaku Sekcam Taman mewakili Camat Taman yang berhalangan hadir. Narasumber pelatihan Siskeudes yaitu Riyanto selaku Satgas Siskeudes dari Dinpermasdes Kabupaten Pemalang dan Edi Suprayogi selaku Narasumber Lokal Kecamatan Taman.

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Fitur-fitur yang ada dalam Siskeudes dibuat sederhana dan user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi Siskeudes.Pada aplikasi Siskeudes, dengan proses penginputan sekali sesuai dengan transaksi yang ada, dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan-laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Kelebihan dari aplikasi Siskeudes yaitu sesuai peraturan, memudahkan tatakelola keuangan desa, kemudahan dalam penggunaan aplikasi, dilengkapi dengan sistem pengendalian intern (built-in internal control) dan kelebihan yang terakhir yaitu didukung dengan petunjuk pelaksanaan implementasi serta manual aplikasi.

Menu-menu yang ada di aplikasi Siskeudes yaitu menu file, menu parameter, menu data entri, menu laporan, menu tools dan menu help. Nantinya yang akan sering digunakan oleh operator Siskeudes di desa yaitu menu data entri dan menu laporan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *